Tuesday 26 December 2023

Ganjar Resmi Luncurkan Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana di Sukoharjo

Ganjar Resmi Luncurkan Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana di Sukoharjo
Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 26 Des 2023 17:35 WIB

Foto: Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, di Sukoharjo (Wildan/detikcom)
Jakarta - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, melakukan serangkaian kegiatan kampanye di wilayah Jawa Tengah. Ganjar juga sempat meresmikan program satu keluarga miskin satu sarjana.
Pantauan detikcom, Selasa (26/12/2023) peresmian dilakukan di Lapangan Desa Cangkol, Sukoharjo, Jawa Tengah. Ganjar tiba di lokasi pada pukul 16.25 WIB.

Baca juga:
Mampukah Gibran Kalahkan Ganjar di Jateng? Begini Analisis Pakar
Ganjar tampak didampingi Bupati Sukoharjo Etik Suryani hingga Ketua Tim Penjadwalan TPN Ganjar-Mahfud Aria Bima. Sejumlah politisi dari partai koalisi pengusung Ganjar-Mahfud pun hadir. Ganjar disambut relawan hingga kader yang sebelumnya sudah hadir di lokasi.

ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di Sukoharjo ini saya ini me-launching program ini mudah-mudahan ini menjadi sebuah gerakan besar nantinya. Sehingga biaya pendidikan yang 20% dari APBN dan APBD kita fokuskan untuk kita konsentrasi ke sana," kata Ganjar di lokasi, Selasa (26/12/2023).

Ganjar berharap dengan peluncuran program ini bisa menjemput bonus demografi untuk menuju Indonesia emas di 2045 mendatang.

"Sehingga menjemput bonus demografi dengan penduduk produktif yang banyak kita investasi melalui kesehatan dan kita prioritaskan kepada mereka yang punya talenta bagus dan dia berangkat dari keluarga yang miskin," ujarnya.

Ganjar juga meminta bantuan dan dukungan dari para relawan dan kader untuk memenangkannya di Pilpres 2024 agar program tersebut bisa terwujud. Dengan program tersebut, lanjut dia, diharapkan bisa mengurangi jumlah keluarga miskin yang ada di Indonesia.

"Bantu kami, mari kita bekerja sama, kita cari satu data yang baik, kita kelola dengan bagus dan kita punya profil warga bangsa warga negara Indonesia. Ketika keluarga miskin ini bisa kita capture dari data NIK yang ada, maka di situ lah sebenarnya negara bisa hadir untuk membantu dari keluarga itu agar ada anaknya minimal satu sarjana dalam satu keluarga miskin untuk dia bisa mengubah nasibnya," jelasnya.

Baca juga:
Meski Kompak Lawan Gibran, Kubu Anies Pastkan Tak Bersekutu dengan Ganjar
Sebagaimana diketahui, satu keluarga satu sarjana menjadi salah satu program yang digagas Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024. Setidaknya ada 21 program yang mereka usung. Berikut 21 program unggulan Ganjar-Mahfud:

1. 17 juta lapangan kerja
2. Satu desa, satu faskes, satu nakes
3. Uang saku kader posyandu
4. 10 juta hunian, punya rumah semudah punya motor
5. Sekolah dapat gaji, lulus pasti kerja
6. Satu keluarga miskin, satu sarjana
7. Perempuan maju
8. Buruh naik kelas
9. Kuliah gratis untuk anak prajurit dan Bhayangkara
10. Mudah berusaha termasuk UMKM dan koperasi
11. Masjid sejahtera, pengurus masjid terlindungi
12. Guru ngaji dan guru agama lain digaji
13. pasokan pangan aman harga enak dikantong
14. Lansia bahagia anak cucu gembira
15. Petani bangga bertani
16. Di laut kita jaya, nelayan sejahtera
17. Disabilitas mandiri berprestasi, satu desa satu mobil akses
18. Internet super cepat, gratis merata
19. Bansos pasti lanjut tapi harus tepat sasaran
20. Sikat KKN
21. KTP Sakti

Baca artikel detiknews, "Ganjar Resmi Luncurkan Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana di Sukoharjo" selengkapnya https://news.detik.com/pemilu/d-7109690/ganjar-resmi-luncurkan-program-1-keluarga-miskin-1-sarjana-di-sukoharjo.